Wednesday, 1 July 2015

Salam pendiam untuk sobat KAP. Kali ini KAP akan sedikit mengulas salah satu dari 16 tipe introvert menurut MBTI. Untuk permulaan, kita kupas tuntas semua yang dimiliki sang ilmuan, INTJ. Untuk tipe-tipe lainnya, sabar ye.. (yang merasa INTJ mari merapat!)
INTJ
Salah satu dari 16 tipe kepribadian yang dikategorikan dalam MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) ini, disinyalir hanya memiliki populasi 2-4% dari populasi manusia di dunia. INTJ terbentuk dari empat kata, yaitu I (Introversion), N (Intuition), T (Thinking), dan J (Judging). Mungkin ada yang belum paham makna dari kata-kata tersebut. So, silahkan dibaca penjelasan berikut:

I (Introversion) : pasti sudah pada tahu artinya, yaitu mereka yang cenderung tenang dan pendiam, lebih suka bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil, dan memperoleh energi dengan menyendiri.
N (Intuition) : lebih suka pada gambaran besar daripada detail, dan lebih mengedepankan masa depan daripada realita keadaan masa kini.
T (Thinking) : cenderung lebih suka menilai sesuatu secara obyektif daripada menurut pemikirannya sendiri. Ketika mengambil sebuah keputusan, lebih suka pada pertimbangan logika daripada pertimbangan sosial.
J (Judging) : ketika merencanakan sesuatu, mereka cenderung membuat keputusan di awal, bahkan sebelum dilaksanakan. Mereka mengontrol rencana dengan prediksi mereka sendiri.

The Scientists & Mastermind

INTJ memiliki julukan The Scientists (Ilmuan), dan Mastermind (pengatur). Hal itu karena INTJ memiliki pemikiran orisinil dan motivasi kuat sehingga dapat menerapkan ide-ide brilian mereka untuk mencapai suatu tujuan. Ide-ide mereka yang cenderung berdasarkan logika dan perhitungan, serta cekatan dalam menganalisa peristiwa yang terjadi di sekitarnya, membuat ia dijuluki sang ilmuan.

INTJ yang selalu mengorganisir dan merencanakan sebuah kegiatan di awal, membuat ia dijuluki sang Mastermind alias pengatur. Kecenderungannya melihat masa depan sangat cocok bila ia ditempatkan sebagai ahli pembuat strategi.

Seperti apa sih, INTJ itu?

Penjelasan berikut merupakan gambaran umum dari karakteristik INTJ. Meskipun begitu, bukan sebagai bahan untuk menilai orang lain. Melainkan sebagai pengetahuan untuk mengenali diri sendiri. Karena setiap orang mempunyai hak untuk menjadi apa saja yang mereka inginkan.
tatapan INTJ
Penyendiri, pendiam dan rumit. Kombinasi antara  introvert, intuisi, thinking dan judging membuat INTJ sulit berkomunikasi dengan orang lain. Karena ia memiliki pandangan sendiri yang berbeda dengan orang lain. Ia juga pemikir yang abstrak, di mana selalu ada makna tersembunyi dibalik semua pemikirannya. Mungkin hanya sesama INTJ yang dapat memahami pola pikirnya.

Selalu optimis dan positif thinking. Seorang INTJ memiliki paham bahwa semuanya dapat ia lakukan. Bahkan sesuatu yang dianggap mustahil oleh orang lain, bagi INTJ itu mungkin-mungkin saja dilakukan, selama tidak kehilangan kepercayaan. Kepercayaan INTJ adalah mengetahui apa yang mereka mampu lakukan dan apa yang tidak mampu mereka lakukan. Kesadaran tersebut membuat mereka selalu percaya diri dengan kemampuannya. Walau kadang itu sering disebut arogan.

Pemberontak. Seorang INTJ memiliki pemikiran yang sangat rasional dan tidak suka bila ia dibatasi oleh sebuah peraturan atau tradisi. Mereka lebih senang bila bekerja sesuai dengan apa yang mereka mau. Dan mereka tidak hormat pada orang lain berdasarkan pangkat, jabatan, dll. Melainkan, mereka akan hormat pada orang yang berkompeten menurut versinya sendiri.

Independen dan apa adanya. INTJ mengatakan dan menganalisa sesuatu lebih objektif daripada kebanyakan orang. Mereka lebih suka bekerja sendiri sesuai dengan kemauannya atau tidak terikat oleh aturan dan tradisi. Bebas, tanpa ketergantungan pada orang lain. Selain itu Mereka lebih suka mengungkapkan kebenaran apa adanya, bahkan hal yang menyakitkan sekalipun. Jujur.
Pengatur yang tegas dan rasional.Sisi judgement membuat INTJ menjadi sosok yang peraya diri dalam mengambil keputusan. Intuition dan thinking membuatnya mengambil keputusan berdasarkan logika. Namun mereka tidak suka tampil di depan karena sisi introvert yang dimilikinya. Sehingga mereka lebih suka menjadi pengatur “di balik layar”.

Sedikit bicara, banyak berpikir. INTJ adalah sosok yang pendiam. Mereka tidak suka bicara hal yang tidak penting. Tidak suka basa-basi. Bahkan mereka lebih suka menjadi pendengar. Ketika sedang bicara, mereka cenderung memikirkan perkataan yang ingin mereka ucapkan terlebih dahulu. Sangat efisien, namun sulit dipahami orang lain.

Robot dengan secuil hati. Maksudnya, seorang INTJ lebih mengedepankan logika dibandingkan perasaan. Mereka kurang sensitif terhadap perasaan orang lain. Ditambah dengan sosoknya yang dingin, cuek dan tanpa ekspresi. Membuat orang lain menganggapnya tidak punya perasaan. Sebenarnya mereka tidak sepenuhnya “tidak punya perasaan”. Hanya saja, perasaan mereka masih polos seperti anak kecil. Terlihat ketika mereka tidak mau disalahkan, mereka menganggap diri mereka selalu benar.

Dingin, serius, tanpa ekspresi. Seorang INTJ memiliki emosi yang sama dalam setiap suasana. Datar. Marah, sedih, galau, cemas, ketakutan, jatuh cinta, dll, ekspresi mereka selalu datar. Bahkan orang lain sering menganggap mereka “makhluk tanpa ekspresi”. Ketika bicarapun, intonasi bicaranya datar, sehingga lawan bicaranya kesulitan dalam menebak perasaannya.
emosi INTJ
Tidak terikat mode fashion. Bukannya mereka tidak tahu dengan gaya fashion terkini, namun mereka hanya ingin tampil dengan gaya mereka sendiri. Tidak memperdulikan gaya yang sedang hangat saat ini. Mereka cenderung menyukai pakaian yang simpel, polos, dan tidak mencolok. Supaya tidak terlalu menjadi pusat perhatian.

Kelebihan dan Kelemahan INTJ

Setelah mengetahui karakteristik dari INTJ, seharusnya kita sudah dapat mengambil kesimpulan tentang kelebihan dan kelemahan dari INTJ. Namun bila masih bingung, KAP sengaja memberikan rincian singkat tentang kelebihan dan kelemahan INTJ.


Kelebihan
Kelemahan
  • Sigap, imajinatif dan berpikir strategis
  • Percaya diri tinggi
  • Optimis dan positif thinking
  • Independen (mandiri)
  • Pekerja keras
  • Tegas
  • Arogan
  • Suka menghakimi
  • Terlalu menilai
  • Tidak romantis


Karir INTJ

Kalau bicara tentang karir atau pekerjaan, sebenarnya tidak ada sangkut pautnya antara kecocokan karir dengan tipe kepribadian tertentu. Apapun pekerjaannya, akan terasa cocok bila kita sendiri bisa nyaman dengan pekerjaan tersebut. Walaupun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa kepribadian tertentu lebih cocok dengan pekerjaan tertentu, itu hanyalah sebuah gagasan yang menghubungkan antara teori suatu kepribadian dengan yang mungkin cocok untuknya. Misal ada sumber yang menghubungkan antara INTJ yang suka merancang strategi, akan lebih cocok bekerja sebagai insinyur.
Berikut adalah pekerjaan yang KAP SARAN-kan bagi kamu, para INTJ.
•    Ahli keilmuan
•    Insinyur
•    Pengajar
•    Dokter
•    Ahli strategi perusahaan
•    Manajer
•    Pengacara
•    Programmer
•    Analis

Pasangan Bagi INTJ

Sama seperti karir yang cocok untuk keribadian tertentu, pasangan/partner juga demikian. Semua orang bebas menentukan dan menemukan pasangan yang cocok untuk masing-masing, tidak terikat oleh teori atau ramalan tertentu. Namun, ada beberapa teori yang menjelaskan bahwa partner alami INTJ yang lebih dominan pada fungsi Intro    verted Intuition (IN), paling cocok dengan kepribadian yang memiliki dominasi Extraverted Intuition (EN). Dan teori lain menjelaskan bahwa INTJ lebih cocok bila berpasangan dengan ENFP atau ENTP. Untuk lebih jelasnya, dapat membaca pada artikel Ketahuilah Pasangan Terbaik dengan Kepribadian MBTI Kamu

Tokoh-Tokoh Berkepribadian INTJ

•    Thomas Jefferson, U.S. President
•    John F. Kennedy, U.S. President
•    C. S. Lewis, author
•    Jane Austen, author
•    Susan B. Anthony, civil rights leader
•    Arthur Ashe, tennis player
•    Emily Bronte, author




 “Everything has room for improvement” – INTJ


INTJ juga manusia. Mereka juga memiliki perasaan, tapi mereka lebih mengedepankan pola pikirnya. Manusia itu makhluk yang unik. Setiap orang memiliki sisi unik masing-masing. Kelebihan dan kelemahan masing-masing. Bahkan antara INTJ yang satu dengan lainnya tidak selalu identik seperti itu. Satu hal yang ingin KAP sampaikan untuk sobat-sobat sekalian: Jangan biarkan kepribadian membentukmu, tapi bentuklah kepribadianmu.

Regard!

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler